Kurikulum
SD Taman Belajar
Tahun Ajaran : 2012/2013
Disusun Oleh :
Tim Penyusun KTSP SD Taman Belajar
SD TAMAN BELAJAR
KECAMATAN KENJERAN
SURABAYA
Visi :
UNGGUL DALAM PRESTASI, TANGGUH DAN TANGGAP MENATAP MASA DEPAN
BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA
LEMBAR
PENGESAHAN
KURIKULUM
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SD TAMAN BELAJAR
KECAMATAN
KENJERAN KOTA SURABAYA
TELAH
DISAHKAN DAN DISETUJUI SEBAGAI ACUAN PENGEMBANGAN
Surabaya,
09 Juli 2012
Ketua Komite SD Taman Belajar Kepala
SD Taman Belajar
Kecamatan Kenjeran Surabaya Kecamatan
Kenjeran Surabaya
H.
FATHONI ACH.
NUR FAUZI, S.Sos
Menyetujui,
An. Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya
Kepala Bidang Pendidikan Dasar
Dra.
EKO PRASETYONINGSIH, M.Pd
NIP. 19600412 198201 2 024
KATA
PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa atas segala RahmatNya sehingga penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah
ini dapat terselesaikan.
Harapan kami semoga Rencana Pengembangan Sekolah ini
dapat menjadi acuan bagi jalannya proses pendidikan di SD TAMAN BELAJAR selama
tahun pelajaran 2012/2013.
Penyusunan Kurikulum TIngkas Satuan Pendidikan (KTSP)
adalah salah satu penjabaran Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menekankan bahwa sistem pendidikan
nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan
mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi
tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan
global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana,
terarah, dan berkesinambungan, yang kesemuanya itu tercakup dalam susunan
kurikulum. Oleh karena itu dengan adanya pedoman yang jelas, maka perjalanan
roda pendidikan akan lebih lancar, berdaya guna dan berhasil guna.
Kami mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak
demi perbaikan dan penyempurnaan model KTSP ini. Sebab kami menyadari masih
banyak kekurangan dalam proses penyusunannya.
Akhirnya kami mohon doa restu agar model KTSP ini
dapat berjalan sesuai dengan rencana yang kita susun bersama.
Surabaya,
31 Mei 2012
Kepala
Sekolah,
ACH. NUR FAUZI, S.Sos
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL ~ 1
VISI ~ 2
LEMBAR PENGESAHAN ~ 3
KATA PENGANTAR ~ 4
DAFTAR ISI ~ 5
BAB I. PENDAHULUAN
A. RASIONAL ~ 6
B. VISI DAN MISI SEKOLAH ~ 7
BAB II. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. KELOMPOK MATA PELAJARAN ~ 8
B. STRUKTUR KURIKULUM ~ 10
C. MUATAN KURIKULUM ~ 10
BAB III. KALENDER PENDIDIKAN
A. KALENDER PENDIDIKAN TAHUN AJARAN 2012/2013 SEMESTER I ~ 18
B. KALENDER PENDIDIKAN TAHUN AJARAN 2012/2013 SEMESTER II ~ 19
C. JUMLAH HES, HEF, LU, LHB, LS, LPP DAN LHR ~ 20
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.
RASIONAL
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai
tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman
penyelenggara kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Berdasarkan Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Pasal 36 ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis
pendidikan dikembangkan dengan prinsip diverifikasi sesuai dengan satuan
pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka
dikembangkanlah apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum
operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.
Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005
bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan
Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta
berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD Taman Belajar
dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar. Kurikulum ini
disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan komite
sekolah di bawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan Kota Surabaya.
Pengembangan kurikulum ini didasarkan pada prinsip-prinsip
sebagai berikut:
1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan
peserta didik dan lingkungannya;
2. Beragam dan terpadu;
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan
seni;
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan;
5. Menyeluruh dan berkesinambungan;
6. Belajar sepanjang hayat; dan
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Pada akhirnya kurikulum ini tetap hanya sebuah dokumen, yang
akan menjadi kenyataan apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran
yang baik. Pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas, hendaknya belangsung
secara efektif yang mampu membangkitkan aktifitas dan kreatifitas anak. Dalam
hal ini para pelaksana kurikulumlah yang akan menerangkan kurikulum ini dalam
proses pembelajaran. Para pendidik hendaknya mampu menciptakan pembelanjaan
yang menyenangkan, mengasyikkan bagi anak, sehingga betah di sekolah. Atas
dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di sekolah hendaknya bersifat
mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktifitas dan kreatifitas anak, efektif,
demokratis, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan. Dengan spirit seperti
itulah kurikulum ini menjadi pedoman bagi penyelenggara pendidikan dan
pengajaran di SD TAMAN BELAJAR.
B.
VISI DAN MISI SEKOLAH
VISI SEKOLAH :
Unggul
dalam proses belajar mengajar bersaing dalam prestasi sekolah berdasarkan iman
dan taqwa.
MISI SEKOLAH
- Melaksanakan
pembelajaran.
- Menumbuhkan semangat
belajar seluruh siswa dengan melaksanakan sistem ulangan harian yang
terkoordinir agar siswa terlatih belajar mandiri.
- Meningkatkan kualitas
profesionalisme guru.
- Menumbuhkan iklim sekolah
dan manajemen sekolah yang kondusif bagi tumbuh dan kembangnya kecakapan
siswa.
- Menumbuhkan ketaatan
siswa terhadap ajaran agama yang dianut sebagai kunci dalam peningkatan
moral dan budi pekerti yang luhur.
- Menumbuhkan semangat
kekeluargaan pada seluruh warga belajar.
BAB II
STRUKTUR
DAN MUATAN KURIKULUM
A.
KELOMPOK MATA PELAJARAN
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan Pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis
pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah
terdiri atas:
1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Kelompok mata pelajaran estetika.
5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan.
Cakupan setiap kelomok mata pelajaran disajikan pada table
3.1
Table 3.1
Cakupan Kelompok Mata Pelajaran
No
|
Kelompok Mata Pelajaran
|
Cakupan
|
1
|
Agama dan Akhlak Mulia
|
Kelompok mata pelajaran dan akhlak mulia
dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia
mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan
agama.
Dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan
agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi,
estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan.
|
2
|
Kewarganegaraan dan Kepribadian
|
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan
kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik
akan status, hak, kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan,
jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia,
kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender,
demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar
pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
Dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan
agama, akhlak mulia, kewarganegaraan, estetika dan pendidikan jasmani.
|
3
|
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
|
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan
teknologi pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan
mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan
berpikir dan ebrperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
Dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan
bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial,
ketrampilan/kejuruan, dan muatan local yang relevan.
|
4
|
Estetika
|
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksud untuk
meningkatkan sensitifitas, kemampuan mengapresiasikan dan kemampuan
mengapresiasi keindahan dan harmoni.
Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan
keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan
individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam
kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang
harmonis.
Dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan
bahasa, seni dan budaya, keterampilan dan muatan local yang relevan.
|
5
|
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.
|
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan
kesehatan pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta
menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap dan
perilaku hidup sehat yang bersifat individual maupun yang bersifat kolektif,
kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seks bebas, kecanduan
narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber dan penyakit lain yang potensial
untuk mewabah.
Dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan
pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam,
dan muatan local yang relevan.
|
B.
STRUKTUR KURIKULUM
No
|
Komponen
|
Kelas/Alokasi Waktu
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
A.
|
MATA PELAJARAN
|
Tematik
|
|||||
Agama dan Akhlak Mulia
|
|||||||
1.
|
Pendidikan Agama Islam
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan Agama Kristen
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
Kewarganegaraan dan Kepribadian
|
|||||||
3.
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4.
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
5
|
5
|
5
|
5.
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
|
|||||||
6.
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
2
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
7.
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
5
|
5
|
5
|
Estetika
|
|||||||
8.
|
Seni dan Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9.
|
Kerajinan Tangan dan Ketrampilan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
|||||||
10.
|
Pend. Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
B.
|
MUATAN LOKAL
|
||||||
1.
|
Bahasa Jawa
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2.
|
Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
C.
|
PENGEMBANGAN DIRI
|
||||||
1.
|
Komputer
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2.
|
Pramuka
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.
|
Ramah Lingkungan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah
|
32
|
32
|
32
|
40
|
40
|
40
|
Keterangan
:
*)
Ekuivalen 2 jam pelajaran
Ø
Kelas 1, 2, 3 menggunakan
pendekatan tematik.
Ø
Kelas 4, 5, 6 menggunakan
pendekatan mata pelajaran
Ø
1 jam pelajaran 35 menit.
C.
MUATAN KURIKULUM
1. Mata Pelajaran
a. Pendidikan Agama
1. Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
agama Islam di SD bertujuan untuk:
Ø
Menumbuhkembangkan akidah
melalui pemberian, pemupukan dan pengembangan pengetahuan, penghayatan,
pengamalan peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi muslim yang terus
berkembang keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah Swt.
Ø
Mewujudkan manusia
Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang
berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis,
berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan
sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
2. Pendidikan Agama Kristen
Pendidikan
agama Kristen di SD bertujuan untuk:
Ø
Memperkenalkan Allah Bapa,
Anak dan Roh Kudus dan karya-karyaNya agar peserta didik tumbuh iman
kepercayaan dan meneladani Allah Tritunggal dalam hidupnya.
Ø
Menanamkan pemahaman
tentang Allah dan KaryaNya kepada peserta didik, sehingga mampu memahami dan
menghayatinya.
Ø
Menghasilkan manusia
Indoensia yang mampu menghayati secara bertanggungjawab serta berakhlak mulia
di tengah masyarakat yang plural.
3. Pendidikan Agama Katholik
Pendidikan
agama Katholik di SD bertujuan untuk:
Ø
Membangun hidup yang
semakin beriman.
Ø
Membangun hidup beriman
kristiani berarti membangun kesetiaan pada Injil, Yesus Kristus, yang memiliki
keprihatinan tunggal, yakni kerajaan Allah. Kerajaan Allah merupakan situasi
dan peristiwa penyelamatan. Situasi dan perjuangan untuk perdamaian dan
keadilan, kebahagiaan dan kesejahteraan, persaudaraan dan kesetiaan,
kelestarian lingkungan hidup, yang dirindukan oleh setiap orang dari berbagai
agama dan kepercayaan.
b. Pendidikan Kewarganegaraan
Mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut:
Ø
Berpikir secara kritis, dan
kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
Ø
Berpartisipasi secara aktif
dan bertanggung jawab, dan tidak bertindak secara cerdas kegiatan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Ø
Berkembang secara positif
dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat
Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
Ø
Berinteraksi dengan
bangsa-bangsa lain dalam peraturan dunia secara langsung atau tidak langsung
dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
c. Bahasa Indonesia
Mata
pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut:
Ø
Berkomunikasi secara
efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun
tulisan.
Ø
Menghargai dan menggunkan bahasa
Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
Ø
Memahami bahasa Indonesia
untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan
sosial.
Ø
Menikmati dan memanfaatkan
karya sastra untuk memperluas wawasan, memperluas budi pekerti, serta
meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
d. Matematika
Mata
pelajaran Matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut:
Ø
Memahami konsep Matematika,
menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau logaritma,
secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecah masalah.
Ø
Menggunakan penalaran pada
pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi,
menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
Ø
Memecahkan masalah yang
meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan
model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
Ø
Mengkomunikasikan gagasan
dengan symbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan suatu
masalah.
Ø
Memiliki sikap menghargai
kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian,
dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet percaya diri dalam
pemecahan masalah.
e. Ilmu Pengetahuan Alam
Mata
pelajaran IPA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Ø
Memperoleh keyakinan
terhadap kebenaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan
keteraturan alam ciptaanNya.
Ø
Mengembangkan pengetahuan
dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari.
Ø
Mengembangkan rasa ingin
tahu, sikap positif, dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling
mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Ø
Mengembangkan keterampilan
proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
Ø
Meningkatkan kesadaran
untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan
alam.
Ø
Meningkatkan kesadaran
untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan
alam.
Ø
Meningkatkan kesadaran
untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan
Tuhan.
Ø
Memperoleh bekal
pengetahuan, konsep dan ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan
pendidikan ke SMP/MTs.
f.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata
pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Ø
Mengenal konsep-konsep yang
berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
Ø
Memiliki kemampuan dasar
untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah,
dan ketrampilan dalam kehidupan sosial.
Ø
Memiliki komitmen dan
kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
Ø
Memiliki kemampuan
komunikasi, bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di
tingka lokal, nasional dan global.
g. SBK dan KTK
Mata
pelajaran SBK dan KTK bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut:
Ø
Memahami konsep dan
pentingnya seni budaya dan ketrampilan.
Ø
Menampilkan sikap apresiasi
terhadap seni budaya dan ketrampilan.
Ø
Menampilkan kreatifitas
melalui seni budaya dan ketrampilan.
Ø
Menampilkan peran serta
dalam seni budaya dan ketrampilan dalam tingkat lokal, nasional maupun global.
h. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mata
pelajaran PJOK bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Ø
Mengembangkan ketrampilan
pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani
serta pola hidup sehat melalui berbagai aktifitas jasmani dan olahraga yang
terpilih.
Ø
Meningkatkan pertumbuhan
fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
Ø
Meningkatkan kemampuan
gerak dasar.
Ø
Meletakkan landasan
karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di
dalam pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan.
Ø
Mengembangkan ketrampilan
untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
Ø
Memahami konsep aktifitas
jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai
pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat yang sempurna, pola hidup
sehat dan kebugaran, ketrampilan, serta memiliki sikap yang positif.
2. Muatan Lokal
a. Bahasa Jawa
Tujuan
:
Ø
Mengembangkan kemampuan dan
ketrampilan berkomunikasi siswa dengan menggunakan Bahasa Jawa.
Ø
Meningkatkan kepekaan dan
penghayatan terhadap karya sastra Jawa.
Ø
Memupuk tanggung jawab untuk
melestarikan hasil kreasi budaya Jawa sebagai salah satu unsur kebudayaan
nasional.
Ø
Memahami bahasa Jawa dari
segi bentuk, makna dan fungsi serta menggunakannya dengan tepat untuk
bermacam-macam tujuan, keperluan, dan keadaan.
Ø
Memiliki ketrampilan mendengar,
membaca, berbicara dan menulis dalam pola sederhana sesuai dengan tingkat usia.
b. Bahasa Inggris
Tujuan
:
Ø
Mengenalkan bahasa Inggris
sebagai bahasa komunikasi internasional.
Ø
Membekali siswa untuk
menghadapi tuntutan dalam rangka menyongsong era globalisasi.
Ø
Memiliki ketrampilan
mendengar, membaca, berbicara dan menulis dalam pola sederhana sesuai tingkat
usia.
Ø
Mampu merespon instruksi,
informasi dan cerita sederhana dan mengungkapkan makna secara lisan dan
tertulis.
3. Kegiatan Pengembangan Diri
Meliputi
beragam kegiatan ko-kurikuler, yaitu kegiatan pendukung utama intrakurikuler,
yang terdiri atas:
a. Komputer/Teknologi Informasi dan Komunikasi
Tujuan
:
Ø
Memperkenalkan teknologi
informasi komunikasi.
Ø
Membekali siswa dalam
penerapan teknologi sebagai media belajar.
b. Pramuka
Tujuan
:
Ø
Membekali siswa ilmu dasar
kemandirian dalam kegiatan kepanduan.
Ø
Membiasakan siswa selalu
memiliki jiwa kepramukaan.
Ø
Membiasakan siswa selalu
hidup disiplin.
c. Ramah Lingkungan
Tujuan
:
Ø
Sabtu ramah lingkungan.
Ø
Membekali siswa mengenal
lingkungan sekitar.
Ø
Membiasakan siswa selalu
peduli terhadap kebersihan di lingkungannya.
Ø
Membiasakan siswa selalu
hidup bersih.
4. Kegiatan Ekstrakurikuler
Meliputi
beragam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa, yang
terdiri atas:
a. Kesenian tari
Ø
Kesenian tari bagi kelas I,
II dan III sebagai kompetensi dasar.
Ø
Kesenian tari bagi kelas
IV, V dan VI sebagai kompetensi pilihan.
b. Kesenian musik
Ø
Kesenian musik bagi kelas
I, II dan III sebagai kompetensi dasar.
Ø
Kesenian musik bagi kelas
IV, V dan VI sebagai kompetensi pilihan.
c. Kesenian paduan suara
Ø
Kesenian paduan suara bagi
kelas IV, V dan VI sebagai kompetensi pilihan.
d. Kesenian samrah
Ø
Kesenian samrah bagi kelas
IV, V dan VI sebagai kompetensi pilihan.
e. Drum Band
Ø
Kegiatan drum band bagi
kelas IV, V dan VI sebagai kompetensi pilihan.
f.
Karate
Ø
Kegiatan karate bagi kelas
IV, V dan VI sebagai kompetensi pilihan.
5. Pengaturan Beban Belajar
Beban
belajar yang digunakan adalah system paket sebagaimana tertera dalam struktur
kurikulum, yaitu:
Kelas
|
Satu Jam Pembelajaran Tatap Muka/Menit
|
Jumlah Jam Pembelajaran Per Minggu
|
Minggu Efektif 1 Semester
|
Waktu Pembelajaran/Jam 1 Semester
|
I
|
35
|
32
|
17 – 22
|
19040 – 24640
|
II
|
35
|
32
|
17 – 22
|
19040 – 24640
|
III
|
35
|
32
|
17 – 22
|
19040 – 24640
|
IV
|
40
|
40
|
17 – 22
|
27200 – 35200
|
V
|
40
|
40
|
17 – 22
|
27200 – 35200
|
VI
|
40
|
40
|
17 – 22
|
27200 – 35200
|
6. Ketuntasan Belajar ( Kriteria Ketuntasan Minimal )
No
|
Mata Pelajaran
|
KKM
|
|
Angka
|
Huruf
|
||
A.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Kristen
Pendidikan Kewarganegaraan
Bahasa Indonesia
Matematika
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Seni dan Budaya
Kerajinan Tangan dan Ketrampilan
Pendidikan Jasmani, Olahraga, & Kesehatan
|
75
75
75
75
70
70
75
75
75
75
|
Tujuh Lima
Tujuh Lima
Tujuh Lima
Tujuh Lima
Tujuh Nol
Tujuh Nol
Tujuh Lima
Tujuh Lima
Tujuh Lima
Tujuh Lima
|
B.
1
2
|
Muatan Lokal
Bahasa Jawa
Bahasa Inggris
|
65
65
|
Enam Lima
Enam Lima
|
C.
1
2
3
4
|
Pengembangan Diri
Komputer
Pramuka
Ramah Lingkungan
Taman Pendidikan Al-Qur’an
|
B
B
B
B
|
Pelaksanaan
tindak lanjut hasil ulangan, remedial, pengayaan dilaksanakan 2 kali (tuntas
setiap pemantapan kompetensi dasar).
7. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a. Kenaikan Kelas
Kenaikan
kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran.
Kriteria
kenaikan kelas:
Ø
Mencapai criteria minimal
nilai Ujian Kenaikan Kelas.
Ø
Mengikuti Ujian Tengah
Semester dan Ujian Akhir Semester.
Ø
Kehadiran > 75% dari
semester I sampai dengan semester II.
Ø
Memiliki sikap perilaku
dengan kriteria baik.
b. Kelulusan
Kriteria
kelulusan:
Ø
Mencapai kriteria minimal
nilai Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN).
Ø
Mengikuti ujian seluruh
mata pelajaran, baik tulis maupun praktek.
Ø
Kehadiran > 75% dari
kelas I sampai dengan kelas VI.
Ø
Memiliki sikap perilaku
dengan kriteria baik.
8. Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan
kecakapan hidup di SD TAMAN BELAJAR pada tahun ajaran 2012/2013 adalah
keterampilan informasi teknologi atau komputer dengan penjabaran
program-programnya tertera pada silabus sebagaimana terlampir.
9. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Pendidikan
berbasis keunggulan local dan global SD TAMAN BELAJAR pada tahun ajaran
2012/2013 adalah pemantapan kecakapan dan keterampilan hidup mandiri melalui
penanaman budi pekerti yang luhur dengan program sebagai berikut :
Program
pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global
Kelas
|
Materi
|
I
|
Ø
Memperkenalkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tempat
pembibitan.
Ø
Memperkenalkan alat-alat yang digunakan untuk membuat tempat
pembibitan.
|
II
|
Ø
Proses pembuatan tempat pembibitan, seperti pot plastik gantung dan
datar.
|
III
|
Ø
Pemilihan tanah dasar dan serabut kelapa jika diperlukan.
Ø
Pemilihan tumbuhan yang akan dibibitkan.
|
IV
|
Ø
Memperkenalkan cara pembibitan tumbuhan melalui cangkok, kawin
silang, steak dan lain sebagainya.
|
V
|
Ø
Melakukan pembibitan dengan cara cangkok dan steak.
Ø
Melakukan perawatan pada bibit yang telah dicangkok dan steak.
|
VI
|
Ø
Strategi peningkatan kualitas dan kuantitas pembibitan.
|
BAB III
KALENDER
PENDIDIKAN
A.
KALENDER PENDIDIKAN SD / MI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SEMESTER I
SEMESTER I
|
||||||||
BULAN
|
JML
|
HARI DAN
TANGGAL
|
KETERANGAN
|
|||||
HARI
|
SENIN
|
SELASA
|
RABU
|
KAMIS
|
JUMAT
|
SABTU
|
||
EFEKTIF
|
||||||||
9
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
9-11 MOS
|
|
JULI
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
19-21 LPP
|
|
2012
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
23-31 EFEKTIF FAKULTATIF
|
|
30
|
31
|
|||||||
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1-11 EFEKTIF FAKULTATIF
|
|||
AGUSTUS
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
13-25 LHR
|
|
2012
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
27-30 ULHAR I SEMESTER I
|
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
|||
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
||||
25
|
1
|
3-6 ULHAR II SEMESTER I
|
||||||
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
8 KEG PERSAMI
|
||
SEPTEMBER
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
17-20 UTS I SEMESTER I
|
|
2012
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
||
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
|||
26
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
5-6 KEG TENGAH SEMESTER
|
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
22-25 UTS II SEMESTER I
|
||
OKTOBER
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
29 HARI RAYA 'IDUL ADHA
|
|
2012
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
||
29
|
30
|
31
|
||||||
25
|
1
|
2
|
3
|
5-8 ULHAR III SEMESTER I
|
||||
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
15 TAHUN BARU HIJRIYAH
|
||
NOPEMBER
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
17 KEG TAHUN BARU HIJRIYAH
|
|
2012
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
||
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
||||
19
|
1
|
3-6 UAS
|
||||||
DESEMBER
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
22 RAPOR SEMESTER I
|
|
2012
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
24-31 LIBUR SEMESTER I
|
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
|||
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
|||
31
|
||||||||
JANUARI
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1-5 LIBUR SEMESTER I
|
||
2013
|
7
|
SEMESTER II 2011-2012
|
7 MASUK SMT II
|
|||||
JUMLAH
|
109
|
|||||||
EFEKTIF FAKULTATIF
|
18
|
|||||||
UJIAN/EVALUASI
|
24
|
|||||||
KEGIATAN SEKOLAH
|
8
|
|||||||
PEMB. RAPOR
|
1
|
|||||||
PBM
|
58
|
B.
KALENDER PENDIDIKAN SD / MI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SEMESTER II
SEMESTER II
|
||||||||
BULAN
|
JML
|
HARI DAN
TANGGAL
|
KETERANGAN
|
|||||
HARI
|
SENIN
|
SELASA
|
RABU
|
KAMIS
|
JUMAT
|
SABTU
|
||
EFEKTIF
|
||||||||
21
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
12 KEG NATAL & THN BARU
|
|
JANUARI
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
21-25 ULHAR I SEMESTEER II
|
|
2013
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
24 MAULID NABI SAW
|
|
28
|
29
|
30
|
31
|
26 KEG MAULID NABI SAW
|
||||
24
|
1
|
2
|
4-7 UTS I SEMESTER II
|
|||||
FEBRUARI
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
||
2013
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
||
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
|||
25
|
26
|
27
|
28
|
|||||
24
|
1
|
2
|
4-7 ULHAR II SEMESTER II
|
|||||
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
12 HARI RAYA NYEPI
|
||
MARET
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
18-23 UJIAN SEKOLAH KLS 6
|
|
2013
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
25 WAFAT ISA ALMASIH
|
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
26-29 UTS II SEMESTER II
|
||
26
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
8-10 UN SD
|
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
20 KEG HARI KARTINI
|
||
APRIL
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
||
2013
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
||
29
|
30
|
|||||||
25
|
1
|
2
|
3
|
4
|
9 KENAIKAN ISA ALMASIH
|
|||
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
13-16 ULHAR III SEMESTER II
|
||
MEI
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
18 KEG PENTAS SENI SISWA
|
|
2013
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
25 HARI RAYA WAISAK
|
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
||||
18
|
1
|
3-7 UKK
|
||||||
JUNI
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
6 ISRA' MI'RAJ
|
|
2013
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
8 KEG ISRA' MI'RAJ
|
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
22 RAPOR SEMESTER II
|
||
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
24-29 LIBUR SEMESTER II
|
||
JULI
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1-6 LIBUR SEMESTER II
|
|
2013
|
08 Juli 2013
|
TAHUN PELAJARAN BARU
|
||||||
JUMLAH
|
138
|
|||||||
EFEKTIF FAKULTATIF
|
0
|
|||||||
UJIAN/EVALUASI
|
33
|
|||||||
KEGIATAN SEKOLAH
|
5
|
|||||||
PEMB. RAPOR
|
1
|
|||||||
PBM
|
99
|
C.
JUMLAH HARI EFEKTIF SEKOLAH, EFEKTIF FAKULTATIF, DAN HARI LIBUR SEKOLAH
DI PROPINSI JAWA TIMUR TAHUN 2012 – 2013
S
E
M
E
S
T
E
R
I
|
BULAN
|
HES
|
HEF
|
LU
|
LHB
|
LS
|
LPP
|
LHR
|
JML
|
JULI 2012
|
9
|
8
|
3
|
-
|
-
|
3
|
-
|
23
|
|
AGUSTUS 2012
|
5
|
10
|
4
|
2
|
-
|
-
|
10
|
31
|
|
SEPTEMBER 2012
|
25
|
-
|
5
|
-
|
-
|
-
|
-
|
30
|
|
OKTOBER 2012
|
26
|
-
|
4
|
1
|
-
|
-
|
-
|
31
|
|
NOPEMBER 2012
|
25
|
-
|
4
|
1
|
-
|
-
|
-
|
30
|
|
DESEMBER 2012
|
19
|
-
|
5
|
1
|
6
|
-
|
-
|
31
|
|
JUMLAH
SEMESTER I
|
109
|
18
|
25
|
5
|
6
|
3
|
10
|
176
|
S
E
M
E
S
T
E
R
II
|
BULAN
|
HES
|
HEF
|
LU
|
LHB
|
LS
|
LPP
|
LHR
|
JML
|
JANUARI 2013
|
21
|
-
|
4
|
2
|
4
|
-
|
-
|
31
|
|
PEBRUARI 2013
|
24
|
-
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
28
|
|
MARET 2013
|
24
|
-
|
5
|
2
|
-
|
-
|
-
|
31
|
|
APRIL 2013
|
26
|
-
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
30
|
|
MEI 2013
|
25
|
-
|
4
|
2
|
-
|
-
|
-
|
31
|
|
JUNI 2013
|
18
|
-
|
5
|
1
|
6
|
-
|
-
|
30
|
|
JUMLAH
SEMESTER II
|
138
|
-
|
26
|
7
|
10
|
-
|
-
|
181
|
0 komentar:
Posting Komentar