Pages

Labels

Senin, 16 Juli 2012

Kurikulum SD Taman Belajar






Kurikulum
SD Taman Belajar
Tahun Ajaran : 2012/2013



Disusun Oleh :
Tim Penyusun KTSP SD Taman Belajar





SD TAMAN BELAJAR
KECAMATAN KENJERAN
SURABAYA









Visi :

UNGGUL DALAM PRESTASI, TANGGUH DAN TANGGAP MENATAP MASA DEPAN BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA



LEMBAR PENGESAHAN

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SD TAMAN BELAJAR
KECAMATAN KENJERAN KOTA SURABAYA

TELAH DISAHKAN DAN DISETUJUI SEBAGAI ACUAN PENGEMBANGAN


                                                                                                                                                Surabaya, 09 Juli 2012
        Ketua Komite SD Taman Belajar                                                                     Kepala SD Taman Belajar
         Kecamatan Kenjeran Surabaya                                                                Kecamatan Kenjeran Surabaya



                            H. FATHONI                                                                                          ACH. NUR FAUZI, S.Sos



Menyetujui,
An. Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya
Kepala Bidang Pendidikan Dasar




Dra. EKO PRASETYONINGSIH, M.Pd
NIP. 19600412 198201 2 024



KATA PENGANTAR


Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala RahmatNya sehingga penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah ini dapat terselesaikan.

Harapan kami semoga Rencana Pengembangan Sekolah ini dapat menjadi acuan bagi jalannya proses pendidikan di SD TAMAN BELAJAR selama tahun pelajaran 2012/2013.

Penyusunan Kurikulum TIngkas Satuan Pendidikan (KTSP) adalah salah satu penjabaran Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menekankan bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan, yang kesemuanya itu tercakup dalam susunan kurikulum. Oleh karena itu dengan adanya pedoman yang jelas, maka perjalanan roda pendidikan akan lebih lancar, berdaya guna dan berhasil guna.

Kami mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak demi perbaikan dan penyempurnaan model KTSP ini. Sebab kami menyadari masih banyak kekurangan dalam proses penyusunannya.

Akhirnya kami mohon doa restu agar model KTSP ini dapat berjalan sesuai dengan rencana yang kita susun bersama.


                                                                                                                                              Surabaya, 31 Mei 2012
                                                                                                                                                    Kepala Sekolah,



                                                                                                                                             ACH. NUR FAUZI, S.Sos


DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL ~ 1
VISI ~ 2
LEMBAR PENGESAHAN ~ 3
KATA PENGANTAR ~ 4
DAFTAR ISI ~ 5
BAB I. PENDAHULUAN
A.      RASIONAL ~ 6
B.      VISI DAN MISI SEKOLAH ~ 7
BAB II. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A.      KELOMPOK MATA PELAJARAN ~ 8
B.      STRUKTUR KURIKULUM ~ 10
C.      MUATAN KURIKULUM ~ 10
BAB III. KALENDER PENDIDIKAN
A.      KALENDER PENDIDIKAN TAHUN AJARAN 2012/2013 SEMESTER I ~ 18
B.      KALENDER PENDIDIKAN TAHUN AJARAN 2012/2013 SEMESTER II ~ 19
C.      JUMLAH HES, HEF, LU, LHB, LS, LPP DAN LHR ~ 20
LAMPIRAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.      RASIONAL
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggara kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diverifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD Taman Belajar dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar. Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan komite sekolah di bawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan Kota Surabaya.
Pengembangan kurikulum ini didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.       Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya;
2.       Beragam dan terpadu;
3.       Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
4.       Relevan dengan kebutuhan kehidupan;
5.       Menyeluruh dan berkesinambungan;
6.       Belajar sepanjang hayat; dan
7.       Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Pada akhirnya kurikulum ini tetap hanya sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas, hendaknya belangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktifitas dan kreatifitas anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulumlah yang akan menerangkan kurikulum ini dalam proses pembelajaran. Para pendidik hendaknya mampu menciptakan pembelanjaan yang menyenangkan, mengasyikkan bagi anak, sehingga betah di sekolah. Atas dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di sekolah hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktifitas dan kreatifitas anak, efektif, demokratis, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan. Dengan spirit seperti itulah kurikulum ini menjadi pedoman bagi penyelenggara pendidikan dan pengajaran di SD TAMAN BELAJAR.

B.      VISI DAN MISI SEKOLAH
VISI SEKOLAH :
Unggul dalam proses belajar mengajar bersaing dalam prestasi sekolah berdasarkan iman dan taqwa.

MISI SEKOLAH
  1. Melaksanakan pembelajaran.
  2. Menumbuhkan semangat belajar seluruh siswa dengan melaksanakan sistem ulangan harian yang terkoordinir agar siswa terlatih belajar mandiri.
  3. Meningkatkan kualitas profesionalisme guru.
  4. Menumbuhkan iklim sekolah dan manajemen sekolah yang kondusif bagi tumbuh dan kembangnya kecakapan siswa.
  5. Menumbuhkan ketaatan siswa terhadap ajaran agama yang dianut sebagai kunci dalam peningkatan moral dan budi pekerti yang luhur.
  6. Menumbuhkan semangat kekeluargaan pada seluruh warga belajar.


BAB II
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.      KELOMPOK MATA PELAJARAN
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
1.       Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
2.       Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
3.       Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
4.       Kelompok mata pelajaran estetika.
5.       Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan.
Cakupan setiap kelomok mata pelajaran disajikan pada table 3.1
Table 3.1
Cakupan Kelompok Mata Pelajaran
No
Kelompok Mata Pelajaran
Cakupan
1
Agama dan Akhlak Mulia
Kelompok mata pelajaran dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
Dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan.
2
Kewarganegaraan dan Kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
Dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan agama, akhlak mulia, kewarganegaraan, estetika dan pendidikan jasmani.
3
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan ebrperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
Dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, ketrampilan/kejuruan, dan muatan local yang relevan.
4
Estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksud untuk meningkatkan sensitifitas, kemampuan mengapresiasikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni.
Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
Dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan dan muatan local yang relevan.
5
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual maupun yang bersifat kolektif, kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seks bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.
Dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan local yang relevan.

B.      STRUKTUR KURIKULUM
No
Komponen
Kelas/Alokasi Waktu
I
II
III
IV
V
VI
A.
MATA PELAJARAN
Tematik

Agama dan Akhlak Mulia






1.
Pendidikan Agama Islam
2
2
2
3
3
3
2.
Pendidikan Agama Kristen
2
2
2
3
3
3

Kewarganegaraan dan Kepribadian






3.
Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
4.
Bahasa Indonesia
4
4
4
5
5
5
5.
Ilmu Pengetahuan Sosial
2
2
2
3
3
3

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi






6.
Ilmu Pengetahuan Alam
2
2
2
4
4
4
7.
Matematika
4
4
4
5
5
5

Estetika






8.
Seni dan Budaya
2
2
2
2
2
2
9.
Kerajinan Tangan dan Ketrampilan
2
2
2
2
2
2

Jasmani, Olahraga dan Kesehatan






10.
Pend. Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
2
2
2
4
4
4
B.
MUATAN LOKAL






1.
Bahasa Jawa
2
2
2
2
2
2
2.
Bahasa Inggris
2
2
2
2
2
2
C.
PENGEMBANGAN DIRI






1.
Komputer
2
2
2
2
2
2
2.
Pramuka
2
2
2
2
2
2
3.
Ramah Lingkungan
2
2
2
2
2
2
Jumlah
32
32
32
40
40
40

Keterangan :
*) Ekuivalen 2 jam pelajaran
Ø  Kelas 1, 2, 3 menggunakan pendekatan tematik.
Ø  Kelas 4, 5, 6 menggunakan pendekatan mata pelajaran
Ø  1 jam pelajaran 35 menit.

C.      MUATAN KURIKULUM
1.       Mata Pelajaran
a.       Pendidikan Agama
1.       Pendidikan Agama Islam
Pendidikan agama Islam di SD bertujuan untuk:
Ø  Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah Swt.
Ø  Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
2.       Pendidikan Agama Kristen
Pendidikan agama Kristen di SD bertujuan untuk:
Ø  Memperkenalkan Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus dan karya-karyaNya agar peserta didik tumbuh iman kepercayaan dan meneladani Allah Tritunggal dalam hidupnya.
Ø  Menanamkan pemahaman tentang Allah dan KaryaNya kepada peserta didik, sehingga mampu memahami dan menghayatinya.
Ø  Menghasilkan manusia Indoensia yang mampu menghayati secara bertanggungjawab serta berakhlak mulia di tengah masyarakat yang plural.
3.       Pendidikan Agama Katholik
Pendidikan agama Katholik di SD bertujuan untuk:
Ø  Membangun hidup yang semakin beriman.
Ø  Membangun hidup beriman kristiani berarti membangun kesetiaan pada Injil, Yesus Kristus, yang memiliki keprihatinan tunggal, yakni kerajaan Allah. Kerajaan Allah merupakan situasi dan peristiwa penyelamatan. Situasi dan perjuangan untuk perdamaian dan keadilan, kebahagiaan dan kesejahteraan, persaudaraan dan kesetiaan, kelestarian lingkungan hidup, yang dirindukan oleh setiap orang dari berbagai agama dan kepercayaan.
b.      Pendidikan Kewarganegaraan
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Ø  Berpikir secara kritis, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
Ø  Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan tidak bertindak secara cerdas kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Ø  Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
Ø  Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam peraturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
c.       Bahasa Indonesia
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Ø  Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulisan.
Ø  Menghargai dan menggunkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
Ø  Memahami bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
Ø  Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperluas budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
d.      Matematika
Mata pelajaran Matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Ø  Memahami konsep Matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau logaritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecah masalah.
Ø  Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
Ø  Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
Ø  Mengkomunikasikan gagasan dengan symbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan suatu masalah.
Ø  Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet percaya diri dalam pemecahan masalah.
e.      Ilmu Pengetahuan Alam
Mata pelajaran IPA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Ø  Memperoleh keyakinan terhadap kebenaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaanNya.
Ø  Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Ø  Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
Ø  Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan alam.
Ø  Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
Ø  Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
Ø  Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.
f.        Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Ø  Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
Ø  Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan ketrampilan dalam kehidupan sosial.
Ø  Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
Ø  Memiliki kemampuan komunikasi, bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingka lokal, nasional dan global.
g.       SBK dan KTK
Mata pelajaran SBK dan KTK bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Ø  Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan ketrampilan.
Ø  Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan ketrampilan.
Ø  Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya dan ketrampilan.
Ø  Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan ketrampilan dalam tingkat lokal, nasional maupun global.
h.      Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mata pelajaran PJOK bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Ø  Mengembangkan ketrampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktifitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
Ø  Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
Ø  Meningkatkan kemampuan gerak dasar.
Ø  Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan.
Ø  Mengembangkan ketrampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
Ø  Memahami konsep aktifitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, ketrampilan, serta memiliki sikap yang positif.




2.       Muatan Lokal
a.       Bahasa Jawa
Tujuan :
Ø  Mengembangkan kemampuan dan ketrampilan berkomunikasi siswa dengan menggunakan Bahasa Jawa.
Ø  Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya sastra Jawa.
Ø  Memupuk tanggung jawab untuk melestarikan hasil kreasi budaya Jawa sebagai salah satu unsur kebudayaan nasional.
Ø  Memahami bahasa Jawa dari segi bentuk, makna dan fungsi serta menggunakannya dengan tepat untuk bermacam-macam tujuan, keperluan, dan keadaan.
Ø  Memiliki ketrampilan mendengar, membaca, berbicara dan menulis dalam pola sederhana sesuai dengan tingkat usia.
b.      Bahasa Inggris
Tujuan :
Ø  Mengenalkan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional.
Ø  Membekali siswa untuk menghadapi tuntutan dalam rangka menyongsong era globalisasi.
Ø  Memiliki ketrampilan mendengar, membaca, berbicara dan menulis dalam pola sederhana sesuai tingkat usia.
Ø  Mampu merespon instruksi, informasi dan cerita sederhana dan mengungkapkan makna secara lisan dan tertulis.

3.       Kegiatan Pengembangan Diri
Meliputi beragam kegiatan ko-kurikuler, yaitu kegiatan pendukung utama intrakurikuler, yang terdiri atas:
a.       Komputer/Teknologi Informasi dan Komunikasi
Tujuan :
Ø  Memperkenalkan teknologi informasi komunikasi.
Ø  Membekali siswa dalam penerapan teknologi sebagai media belajar.
b.      Pramuka
Tujuan :
Ø  Membekali siswa ilmu dasar kemandirian dalam kegiatan kepanduan.
Ø  Membiasakan siswa selalu memiliki jiwa kepramukaan.
Ø  Membiasakan siswa selalu hidup disiplin.
c.       Ramah Lingkungan
Tujuan :
Ø  Sabtu ramah lingkungan.
Ø  Membekali siswa mengenal lingkungan sekitar.
Ø  Membiasakan siswa selalu peduli terhadap kebersihan di lingkungannya.
Ø  Membiasakan siswa selalu hidup bersih.
4.       Kegiatan Ekstrakurikuler
Meliputi beragam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa, yang terdiri atas:
a.       Kesenian tari
Ø  Kesenian tari bagi kelas I, II dan III sebagai kompetensi dasar.
Ø  Kesenian tari bagi kelas IV, V dan VI sebagai kompetensi pilihan.
b.      Kesenian musik
Ø  Kesenian musik bagi kelas I, II dan III sebagai kompetensi dasar.
Ø  Kesenian musik bagi kelas IV, V dan VI sebagai kompetensi pilihan.
c.       Kesenian paduan suara
Ø  Kesenian paduan suara bagi kelas IV, V dan VI sebagai kompetensi pilihan.
d.      Kesenian samrah
Ø  Kesenian samrah bagi kelas IV, V dan VI sebagai kompetensi pilihan.
e.      Drum Band
Ø  Kegiatan drum band bagi kelas IV, V dan VI sebagai kompetensi pilihan.
f.        Karate
Ø  Kegiatan karate bagi kelas IV, V dan VI sebagai kompetensi pilihan.

5.       Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar yang digunakan adalah system paket sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum, yaitu:
Kelas
Satu Jam Pembelajaran Tatap Muka/Menit
Jumlah Jam Pembelajaran Per Minggu
Minggu Efektif 1 Semester
Waktu Pembelajaran/Jam      1 Semester
I
35
32
17 – 22
19040 – 24640
II
35
32
17 – 22
19040 – 24640
III
35
32
17 – 22
19040 – 24640
IV
40
40
17 – 22
27200 – 35200
V
40
40
17 – 22
27200 – 35200
VI
40
40
17 – 22
27200 – 35200

6.       Ketuntasan Belajar ( Kriteria Ketuntasan Minimal )
No
Mata Pelajaran
KKM
Angka
Huruf
A.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Kristen
Pendidikan Kewarganegaraan
Bahasa Indonesia
Matematika
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Seni dan Budaya
Kerajinan Tangan dan Ketrampilan
Pendidikan Jasmani, Olahraga, & Kesehatan

75
75
75
75
70
70
75
75
75
75

Tujuh Lima
Tujuh Lima
Tujuh Lima
Tujuh Lima
Tujuh Nol
Tujuh Nol
Tujuh Lima
Tujuh Lima
Tujuh Lima
Tujuh Lima
B.
1
2
Muatan Lokal
Bahasa Jawa
Bahasa Inggris

65
65

Enam Lima
Enam Lima
C.
1
2
3
4
Pengembangan Diri
Komputer
Pramuka
Ramah Lingkungan
Taman Pendidikan Al-Qur’an

B
B
B
B


Pelaksanaan tindak lanjut hasil ulangan, remedial, pengayaan dilaksanakan 2 kali (tuntas setiap pemantapan kompetensi dasar).

7.       Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a.       Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran.
Kriteria kenaikan kelas:
Ø  Mencapai criteria minimal nilai Ujian Kenaikan Kelas.
Ø  Mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
Ø  Kehadiran > 75% dari semester I sampai dengan semester II.
Ø  Memiliki sikap perilaku dengan kriteria baik.
b.      Kelulusan
Kriteria kelulusan:
Ø  Mencapai kriteria minimal nilai Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN).
Ø  Mengikuti ujian seluruh mata pelajaran, baik tulis maupun praktek.
Ø  Kehadiran > 75% dari kelas I sampai dengan kelas VI.
Ø  Memiliki sikap perilaku dengan kriteria baik.

8.       Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan kecakapan hidup di SD TAMAN BELAJAR pada tahun ajaran 2012/2013 adalah keterampilan informasi teknologi atau komputer dengan penjabaran program-programnya tertera pada silabus sebagaimana terlampir.




9.       Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Pendidikan berbasis keunggulan local dan global SD TAMAN BELAJAR pada tahun ajaran 2012/2013 adalah pemantapan kecakapan dan keterampilan hidup mandiri melalui penanaman budi pekerti yang luhur dengan program sebagai berikut :
Program pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global
Kelas
Materi
I
Ø  Memperkenalkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tempat pembibitan.
Ø  Memperkenalkan alat-alat yang digunakan untuk membuat tempat pembibitan.
II
Ø  Proses pembuatan tempat pembibitan, seperti pot plastik gantung dan datar.
III
Ø  Pemilihan tanah dasar dan serabut kelapa jika diperlukan.
Ø  Pemilihan tumbuhan yang akan dibibitkan.
IV
Ø  Memperkenalkan cara pembibitan tumbuhan melalui cangkok, kawin silang, steak dan lain sebagainya.
V
Ø  Melakukan pembibitan dengan cara cangkok dan steak.
Ø  Melakukan perawatan pada bibit yang telah dicangkok dan steak.
VI
Ø  Strategi peningkatan kualitas dan kuantitas pembibitan.




BAB III
KALENDER PENDIDIKAN

A.      KALENDER PENDIDIKAN SD / MI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SEMESTER I
SEMESTER I
BULAN
JML
HARI DAN TANGGAL
KETERANGAN
HARI
SENIN
SELASA
RABU
KAMIS
JUMAT
SABTU
EFEKTIF

9
9
10
11
12
13
14
9-11 MOS
JULI
16
17
18
19
20
21
19-21 LPP
2012
23
24
25
26
27
28
23-31 EFEKTIF FAKULTATIF

30
31






5


1
2
3
4
1-11 EFEKTIF FAKULTATIF
AGUSTUS
6
7
8
9
10
11
13-25 LHR
2012
13
14
15
16
17
18
27-30 ULHAR I SEMESTER I

20
21
22
23
24
25


27
28
29
30
31



25





1
3-6 ULHAR II SEMESTER I

3
4
5
6
7
8
8 KEG PERSAMI
SEPTEMBER
10
11
12
13
14
15
17-20 UTS I SEMESTER I
2012
17
18
19
20
21
22


24
25
26
27
28
29


26
1
2
3
4
5
6
5-6 KEG TENGAH SEMESTER

8
9
10
11
12
13
22-25 UTS II SEMESTER I
OKTOBER
15
16
17
18
19
20
29 HARI RAYA 'IDUL ADHA
2012
22
23
24
25
26
27


29
30
31





25



1
2
3
5-8 ULHAR III SEMESTER I

5
6
7
8
9
10
15 TAHUN BARU HIJRIYAH
NOPEMBER
12
13
14
15
16
17
17 KEG TAHUN BARU HIJRIYAH
2012
19
20
21
22
23
24


26
27
28
29
30



19





1
3-6 UAS
DESEMBER
3
4
5
6
7
8
22 RAPOR SEMESTER I
2012
10
11
12
13
14
15
24-31 LIBUR SEMESTER I

17
18
19
20
21
22


24
25
26
27
28
29


31






JANUARI


1
2
3
4
5
1-5 LIBUR SEMESTER I
2013
7
SEMESTER II 2011-2012
7 MASUK SMT II
JUMLAH
109







EFEKTIF FAKULTATIF
18
UJIAN/EVALUASI
24
KEGIATAN SEKOLAH
8
PEMB. RAPOR
1
PBM
58



B.      KALENDER PENDIDIKAN SD / MI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SEMESTER II
SEMESTER II
BULAN
JML
HARI DAN TANGGAL
KETERANGAN
HARI
SENIN
SELASA
RABU
KAMIS
JUMAT
SABTU
EFEKTIF

21
7
8
9
10
11
12
12 KEG NATAL & THN BARU
JANUARI
14
15
16
17
18
19
21-25 ULHAR I SEMESTEER II
2013
21
22
23
24
25
26
24 MAULID NABI SAW

28
29
30
31


26 KEG MAULID NABI SAW

24




1
2
4-7 UTS I SEMESTER II
FEBRUARI
4
5
6
7
8
9

2013
11
12
13
14
15
16


18
19
20
21
22
23


25
26
27
28




24




1
2
4-7 ULHAR II SEMESTER II

4
5
6
7
8
9
12 HARI RAYA NYEPI
MARET
11
12
13
14
15
16
18-23 UJIAN SEKOLAH KLS 6
2013
18
19
20
21
22
23
25 WAFAT ISA ALMASIH

25
26
27
28
29
30
26-29 UTS II SEMESTER II

26
1
2
3
4
5
6
8-10 UN SD

8
9
10
11
12
13
20 KEG HARI KARTINI
APRIL
15
16
17
18
19
20

2013
22
23
24
25
26
27


29
30






25

1
2
3
4
9 KENAIKAN ISA ALMASIH

6
7
8
9
10
11
13-16 ULHAR III SEMESTER II
MEI
13
14
15
16
17
18
18 KEG PENTAS SENI SISWA
2013
20
21
22
23
24
25
25 HARI RAYA WAISAK

27
28
29
30
31



18





1
3-7 UKK
JUNI
3
4
5
6
7
8
6 ISRA' MI'RAJ
2013
10
11
12
13
14
15
8 KEG ISRA' MI'RAJ

17
18
19
20
21
22
22 RAPOR SEMESTER II

24
25
26
27
28
29
24-29 LIBUR SEMESTER II
JULI

1
2
3
4
5
6
1-6 LIBUR SEMESTER II
2013
08 Juli 2013
TAHUN PELAJARAN BARU
JUMLAH
138







EFEKTIF FAKULTATIF
0
UJIAN/EVALUASI
33
KEGIATAN SEKOLAH
5
PEMB. RAPOR
1
PBM
99



C.      JUMLAH HARI EFEKTIF SEKOLAH, EFEKTIF FAKULTATIF, DAN HARI LIBUR SEKOLAH DI PROPINSI JAWA TIMUR TAHUN 2012 – 2013

S
E
M
E
S
T
E
R
I
BULAN
HES
HEF
LU
LHB
LS
LPP
LHR
JML
JULI 2012
9
8
3
-
-
3
-
23
AGUSTUS 2012
5
10
4
2
-
-
10
31
SEPTEMBER 2012
25
-
5
-
-
-
-
30
OKTOBER 2012
26
-
4
1
-
-
-
31
NOPEMBER 2012
25
-
4
1
-
-
-
30
DESEMBER 2012
19
-
5
1
6
-
-
31
JUMLAH
SEMESTER I
109
18
25
5
6
3
10
176

S
E
M
E
S
T
E
R
II
BULAN
HES
HEF
LU
LHB
LS
LPP
LHR
JML
JANUARI 2013
21
-
4
2
4
-
-
31
PEBRUARI 2013
24
-
4
-
-
-
-
28
MARET 2013
24
-
5
2
-
-
-
31
APRIL 2013
26
-
4
-
-
-
-
30
MEI 2013
25
-
4
2
-
-
-
31
JUNI 2013
18
-
5
1
6
-
-
30
JUMLAH
SEMESTER II
138
-
26
7
10
-
-
181





0 komentar:

Poskan Komentar